Penyuluh Pertanian Belajar English..Perlu gak Sih??? (Belajar Bahasa Inggris Ala Penyuluh)


Halo..Rekan – Rekan Penyuluh ! Senang sekali menyapa rekan-rekan sekalian hari ini, mudah-mudahan semua tugas di lapangan dapat terselasaikan dengan lancar. Amin.

Kemarin saya ke posko kelompok tani, meraka sedang kumpul-kumpul membahas tentang Manajemen kelompok tani..wah wah hebat !, gak sengaja mata memandang ke arah whiteboard ada tulisan “unsur-unsur manajemen = POAC”. Dalam pikiran saya “POAC tu kan singkatan dari….inikan bahasa inggris”. Lalu saya nimbrung duduk manis bersila,..gak lama setelah itu ada salah satu anggota kelompok (seusia 50 tahun) yang nyahut menayakan kepada saya, “Pak PPL ! bisa bahasa luar negeri? (maksudnya Bahasa Inggris)” . Secara spontan kaget pertanyaannya saya jawab “ooOO bissaa bissa .. Litle-litle sih..I can lah”.

Nah…gimana rekan-rakan penyuluh sudah bisa bahasa inggris belum? Kalau jawabnya “belum” sama dengan saya juga belum bisa bahasa inggris..but little-little sih .. I can lah  . Jangan putus asa, belum terlambat tapi agak sedikit telat, artikel kali ini kita termasuk saya akan belajar bahasa inggris ala penyuluh. Mungkin banyak yang protes begini “ GAK PENTING bangat .. !! urusan di lapangan aja belum beres..udah ahh ”. Ya memang sebagian merasa begitu..gak teralu penting. Namun kadang bahasa inggris juga penting, entah itu penyuluh atau apa aja., yang pasti artikel ini sudah saya postingkan. Bagi yang merasa bermanfaat silahkan dinikmati, kalau merasa tidak penting silahkan tutup halaman ini kemudian klik artikel lainnya yang mungkin bermanfaat. Terimakasih  .

MARI KITA MULAI ! tidak ada waktu berlama-lama diposting ini. Kasihan Kelompok Tani menunggu.

Bahasa Inggris yang palin dasar bukan berarti mempelajari tata bahas inggris, bukan juga dengan melihat gambar-gambar, bukan juga mulai dari membaca buku. “ ada yang tidak bingung?  “.

Kalau bingung.. saya jelaskan. Mulai dari dasar maksudnya ketika kita mulai belajar, maka yang paling dekat atau pertama terpikirkan, perlu kita coba bahasa inggrisnya. Jika belum bisa maka dicampurkan saja dengan bahasa Indonesia. Mencobanya sedapat mungkin diucapkan, jika tidak memungkinkan mengucapkankannya (agar tidak dibilang ngomong sendiri) maka diucapkan dalam hati saja atau dengan memikirkannya.

Contoh :

“Saya ingin belajar bahasa Inggris”. Nah ini bagaimana bahasa Inggrisnya? Jika belum bisa mengucapkan secara lengkap maka ucapkan kata-kata yang kita bisa saja, misalnya “ I ingin Study English” atau “ I ingin belajar bahasa English”. Yang benarnya “ I want to study English”. Jika sudah bisa sedikit saja jangan ucapkan lagi “saya ingin belajar bahasa inggris” namun ucapkan seperti tadi lengkap atau campuran.

Kalau belum lengkap coba cari kamus, nah “coba cari kamus” ini bahasa inggirisnya apa? Oya, “ini bahasa inggirisnya apa” juga perlu dicari bahasa inggrisnya. Mungkin “What in English” (yang benar “what is this in English”. Jadi kejar terus dikamus apapun yang ingin anda ucapkan baik sepotong-potong ataupun lengkap, jangan peduli salah atau benar. Apapun yang ingin anda ucapkan cobalah bahasa inggris = what pun you want say try English, tuh sudah bisa. “ tuh sudah bisa” apa bahasa inggris nya? Yes, you can !.

Wah ini cara belajar bahasa inggris baru bagi saya, wow this is a new way for me to learn English. Kalau begini mau tak mau saya harus beli kamus ni, What in English? If like this, must buy kamus. What kamus in English? Oke lah besok saya beli kamus, ok tomorrow I beli kamus”. Where beli kamus? I no money. Oh ternyata study English perlu money. I try cari money.

Misal besok sudah punya uang, jadi dong beli kamus. Oh ternyata kamus is dictionary. Beli is buy. Jadi yang kemarin bisa diganti menjadi “ ok..tomorrow I buy dictionary. The fact study English needs money. I try look money, ulangi lagi, repeat. Tuh udah lancer, Yes I can. Haha .

Ya benar bahasa inggris diatas sudah bagus sekali sekaligus juga masih jelek sekali. Tidak mengapa, yang penting terus mencoba tanpa henti, apa yang sudah bisa langsung dipraktekkan baik dengan kata-kata maupun dengan pikiran. Kejar terus, siapa yang menganggap anda gila bila belajar bahasa inggris di dalam otak.

Begitu juga dengan menterjemahkan apa yang and abaca. Terjemahkan saja apa yang anda bisa, tak perlu terjemahkan utuh, namun kejar bisa terjemahkan secara utuh, dengan cara sering mengulanginya. Coba kita mulai terjemah kalimat berikut “ Wow, this is truly the fastest way for me to master english language. I have never heard someone telling me this kind of learning system”. Woow ini truli paling cepat cara untuk saya untuk master English, saya punya tidak pernah mendengar seseorang menceritakan kepada saya ini jenis belajar system. Hehe .. yang benar = woow ini benar benar cara yang paling cepat untuk saya menguasai bahasa inggris. Saya belum pernah mendengar seseorang mengatakan cara belajar seperti in.

Mari kita lanjutkan. What is this in English? Lets continue. Benar that is correct. Jadi cara cepatnya adalah dengan memulai dari kata pertama yang kita ucapkan. So fast way is with begin from first word we want to say. Salah biarin. What is salah biarin? Wrong no problem. Besok coba lagi, tomorrow try again.

Bagaimana rekan-rekan penyuluh? Samapai disini dulu..karena kelompok tani sudah menunggu di posko, kita lanjutkan tugas kita sebagai penyuluh, kalau yang mau Tanya kita tunda di lain waktu..di posting berikutnya kita akan membahas “belajar computer dan otak atik computer ala penyuluh” sampe komputernya berasap..hehe. wish you luck. Sering-sering berkunjung ke blog ini (www.penyuluhthl.wordpress.com). Ok thank’s.. bye ! AYO TERJEMAHKAN ke dalam bahasa inggris. 

About Jakes

Waroeng Web - Spesialis Website (www.waroengweb.co.id) Sejak tahun 2007 WaroengWeb telah memulai menjalankan bisnis pembuatan website. Hingga saat ini kami tetap fokus dalam pengembangan dan menciptakan inovasi baru mengikuti perkembangan teknologi internet.(Site: waroengweb.co.id Mail: support@waroengweb.co.id CP: jakes 0812 7466 4892 dan dores 0813 6620 5760)

Posted on 30 September 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: