Virus Gemini / Virus Kuning


1.1 Latar Belakang
Virus Gemini termasuk dalam kelompok virus tanaman dengan genom berukuran 2,6-2,8 kb yang berupa utas tunggal DNA yang melingkar dan terselubung dalam virion icosahedra kembar (geminate). Replikasi virus terjadi dalam bagian nukleus tanaman melalui pembentukan utas ganda DNA (double stranded DNA replicative form). Kelompok virus Gemini dibedakan dalam tiga subgrup, yaitu :
1. subgrup pertama memiliki genom yang monopertit, menginfeksi tanaman-tanaman monokotiledon dan ditularkan oleh vektor wereng daun (leafhopper).
2. subgrup kedua juga ditularkan oleh vektor wereng daun dan memiliki genom monopartit, tetapi menginfeksi tanaman-tanaman dikotiledon.
3. subgrup ketiga memiliki anggota yang paling banyak dan beragam dengan genom bipartite, menginfesi tanaman-tanaman dikotiledon dan ditularkan oleh serangga vektor kutu kebul (Bemicia tabaci Genn.).
Virus kelompok gemini yang memiliki vector Bemicia tabaci memiliki daerah persebaran yang luas terutama di daerah-daerah tropik dan subtropik tempat B. tabaci berkembang dengan baik. Penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh vius kelompok Gemini ini menjadi kendala yang penting bagi tanaman. Pada beberapa kasus, infeksi oleh virus-virus Gemini dapat sangat berat sehingga tanaman tidak dapat tumbuh, contohnya adalah African cassava mosaic geminivirus (ACMV) dan tomato yellowleaf curl geminivirus (TYLCV) di belahan dunia timur dan bean golden mosaic geminivirus (BGMV) di belahan dunia barat. Di Indonesia, penyakit krupuk pada tembakau menjadi sangat penting sejak 1984 karena serangan virus krupuk dapat menyebabkan daun-daun tembakau tidak dapat lagi digunakan sebagai pembungkus cerutu.

Akhir-akhir ini perhatian terhadap virus kelompok Gemini semakin meningkat terbukti dengan semakin banyaknya penelitian yang berfokus pada masalah ini. Sayangnya, di Indonesia baru dua penyakit yang telah terbukti disebabkan oleh virus Gemini, yaitu penyakit krupuk pada tembakau dan penyakit kuning pada babadotan (Ageratum conyzoides).

Baca Selengkapnya tentang Penelitian ini: Klik disini

About Jakes

Waroeng Web - Spesialis Website (www.waroengweb.co.id) Sejak tahun 2007 WaroengWeb telah memulai menjalankan bisnis pembuatan website. Hingga saat ini kami tetap fokus dalam pengembangan dan menciptakan inovasi baru mengikuti perkembangan teknologi internet.(Site: waroengweb.co.id Mail: support@waroengweb.co.id CP: jakes 0812 7466 4892 dan dores 0813 6620 5760)

Posted on 22 November 2011, in Hama dan Penyakit, Virus Gemini/Virus Kuning. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: