Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI


Dewan Perwakilan Daerah (disingkat DPD) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum. Peran DPD menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan disetiap daerah agar merata baik yang dipusat maupun yang di daerah.

DPD memiliki fungsi:

  • Pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu
  • Pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu

Dari Penjelasan di atas jelas bahwa tugas pokok sebagai seorang Anggota DPD RI sangatlah berat. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI ada beberapa hal yang mendasar yang akan saya lakukan, yaitu:

1.  Menampung aspirasi masyarakat secara merata dan partisipatif, dengan cara terjun langsung ke daerah hingga ke pelosok daerah untuk mengajak mereka mengungkapkan permasalahan pembangunan ditingkat masyarakat.

2.  Berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan permasalahan pembangunan di daerah melalui aspirasi masyarakat untuk di bahas dalam rapat paripurna.

3.  Bekerjasama dengan seluruh stakholder dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di tingkat masyarakat daerah agar mampu mengembangkan pembangunan daerah disegala bidang.

4.  Memahami dan mempertimbangkan secara seksama setiap kebijakan pemerintah di tingkat daerah untuk mengedepankan kepentingan masyarakat menuju kesejahteraan.

5.  Bersama masyarakat menggali potensi daerah untuk diberdayakan sebagaimana mestinya untuk kemakmuran masyarakat secara adil dan merata.

6.  Mendorong pemerintah daerah untuk lebih serius membangun pondasi ekonomi masyarakat dengan pola ekonomi kemasyarakatan agar tercipta beragam skala usaha mikro di tengah masyarakat.

Semua tindakan di atas akan saya laksanakan secara sistematis dengan pola partisipatif, agar masyarakat mampu dan terbiasa membangun daerah masing-masing secara berkelanjutan.

About Jakes

Waroeng Web - Spesialis Website (www.waroengweb.co.id) Sejak tahun 2007 WaroengWeb telah memulai menjalankan bisnis pembuatan website. Hingga saat ini kami tetap fokus dalam pengembangan dan menciptakan inovasi baru mengikuti perkembangan teknologi internet.(Site: waroengweb.co.id Mail: support@waroengweb.co.id CP: jakes 0812 7466 4892 dan dores 0813 6620 5760)

Posted on 18 Desember 2011, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. 106 Komentar.

  1. Tulisannya mantap

  2. Wah yg begini susah dicari

    • terimakasih. tulisan ini sebagai lomba di http://lomba.dpd.go.id
      Sumbangkan buah pemikiranmu untuk bangsa lewat DPD RI dan menangkan paket wisata dalam negeri berikut dengan uang saku dan gadget-gadget terbaru dari DPD RI.

      Juara I: iPhone 4s + Paket Wisata kunjungi eloknya Indonesia & Uang Saku.
      Juara II: Nokia N9 + Paket Wisata kunjungi eloknya Indonesia & Uang Saku
      Juara III: Blackberry Bellagio + Paket Wisata kunjungi eloknya Indonesia & Uang Saku
      Juara Favorite (Khusus untuk para Blogger): Samsung Galaxy Tab 7.0 plus

  3. singkat, padat dan jelas. saya dukung, hidup DPR RI

  4. saya setuju dengan tulisan ini. kalau menag lomba bagi – bagi hadiahnya ke rakyat sblm kamu jadi wakil rakyat. wkwk

  5. saya dukung tulisan ini, tapi maaf tidak mendukung anda jadi DPR RI. anda sebaiknya jadi penyuluh saja😀 byk petani menunggu anda.🙂

  6. yang pasti jangan jad koruptor.🙂

  7. saya suka yg ini

  8. semoga mas jakes berhasil dan sukses

  9. wish u luck jakes. you are the best

  10. ayo kamu bisa. bravo

  11. besar jg hadiahnya..blh ikut?

  12. hmmm…aku blm punya twitter dan blog. gmn caranya?

  13. wooo aku ikut jg deh..blh ya? gmn caranya?

  14. makasih infonya. good luck friend

  15. boleh lah…artikelnya mantap bgt

  16. tulisanya fokus bgt .. i like it

  17. oke punya🙂

  18. semoga menjadi anggota DPD RI ya mas.amin

  19. aku ikut jg dong mas jakes. ajak2 dong

  20. wahh jago mas jakes..saya dukung deh🙂

  21. hmmm…nice article

  22. Perlu di contohkan oleh DPD RI

  23. kemudian…kalau saya ikut lomba boleh gak ya?

  24. info dimana ni pak?lomba blog ini

  25. kapan terakhir loma ni pak?

  26. Semua tindakan di atas akan saya laksanakan secara sistematis dengan pola partisipatif, agar masyarakat mampu dan terbiasa membangun daerah masing-masing secara berkelanjutan.

    bnr ni mas?

  27. 6. Mendorong pemerintah daerah untuk lebih serius membangun pondasi ekonomi masyarakat dengan pola ekonomi kemasyarakatan agar tercipta beragam skala usaha mikro di tengah masyarakat.

    poin yg ini hrsnya no 1 mas
    https://penyuluhthl.wordpress.com/2011/12/18/andai-aku-jadi-anggota-dpr-ri/#comment-663

  28. 1. Menampung aspirasi masyarakat secara merata dan partisipatif, dengan cara terjun langsung ke daerah hingga ke pelosok daerah untuk mengajak mereka mengungkapkan permasalahan pembangunan ditingkat masyarakat.

    saya setuju yg ini mas..lh kongkrit,.hehe sori ya mas

  29. makasih mas info nya

  30. kalo ada info terbaru tentang lomba ini ksh tau ya mas. thx

  31. msh blh ikut lomba?

  32. salut deh ama mas jakes ni

  33. semoga tulisan ini di baca DPD RI

  34. KUTI LOMBA BLOG DAN TWITTER.
    TEMA: Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD RI.
    INFO LENGKAP KLIK TAUATAN BERIKUT:https://penyuluhthl.wordpress.com/2011/12/18/andai-aku-jadi-anggota-dpr-ri/#comment-631
    HADIAH:
    Juara I: iPhone 4s + Paket Wisata kunjungi eloknya Indonesia & Uang Saku.
    Juara II: Nokia N9 + Paket Wisata kunjungi eloknya Indonesia & Uang Saku
    Juara III: Blackberry Bellagio + Paket Wisata kunjungi eloknya Indonesia & Uang Saku
    Juara Favorite (Khusus untuk para Blogger): Samsung Galaxy Tab 7.0 plus

  35. waghhh aq telat info nya… tapi gak apalah..saya dukung mas jakes

  36. mohon ajarin aq mas jakes caranya ikut lomba

  37. pakai biaya gak mas daftar jd peserta?bls

  38. ikutr nimbrubg koment aja ya tapi ga ikut lomba, jika saya jadi anggota dpd maka saya ga akan pergi ke kantor tapi saya mau liburan dengan kolega2 menteri para ahli mulai dari bangunan hingga kesehatan dan pendidikan tujuan pelesirannya di pulau terluar di indonesia🙂

  39. sata dukung artikel ini. bgs!

  40. sgt menarik wacananya..saya suka bacanya

  41. mas..blh tanya?
    Apa yg akn mas lakukan kalo bnr jadi DPD RI?

    • Dewan Perwakilan Daerah (disingkat DPD) adalah lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang anggotanya merupakan perwakilan dari setiap provinsi yang dipilih melalui Pemilihan Umum. Peran DPD menyalurkan aspirasi masyarakat dalam pembangunan disetiap daerah agar merata baik yang dipusat maupun yang di daerah.

      DPD memiliki fungsi:

      Pengajuan usul, ikut dalam pembahasan dan memberikan pertimbangan yang berkaitan dengan bidang legislasi tertentu
      Pengawasan atas pelaksanaan Undang-Undang tertentu

      Dari Penjelasan di atas jelas bahwa tugas pokok sebagai seorang Anggota DPD RI sangatlah berat. Seandainya saya menjadi anggota DPD RI ada beberapa hal yang mendasar yang akan saya lakukan, yaitu:

      1. Menampung aspirasi masyarakat secara merata dan partisipatif, dengan cara terjun langsung ke daerah hingga ke pelosok daerah untuk mengajak mereka mengungkapkan permasalahan pembangunan ditingkat masyarakat.

      2. Berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan permasalahan pembangunan di daerah melalui aspirasi masyarakat untuk di bahas dalam rapat paripurna.

      3. Bekerjasama dengan seluruh stakholder dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di tingkat masyarakat daerah agar mampu mengembangkan pembangunan daerah disegala bidang.

      4. Memahami dan mempertimbangkan secara seksama setiap kebijakan pemerintah di tingkat daerah untuk mengedepankan kepentingan masyarakat menuju kesejahteraan.

      5. Bersama masyarakat menggali potensi daerah untuk diberdayakan sebagaimana mestinya untuk kemakmuran masyarakat secara adil dan merata.

      6. Mendorong pemerintah daerah untuk lebih serius membangun pondasi ekonomi masyarakat dengan pola ekonomi kemasyarakatan agar tercipta beragam skala usaha mikro di tengah masyarakat.

      Semua tindakan di atas akan saya laksanakan secara sistematis dengan pola partisipatif, agar masyarakat mampu dan terbiasa membangun daerah masing-masing secara berkelanjutan.

  42. kapan di umumkan juaranya?

  43. masuk 100 bsr gak tulisan mas?

  44. AYO saya dukung mas

  45. saya dukung juga tulisan ini
    mudah-mudahan jadi juara lomba ya. amin
    https://penyuluhthl.wordpress.com/2011/12/18/andai-aku-jadi-anggota-dpr-ri/#comment-711

  46. drmn sumber ni?

  47. mantap betul

  1. Ping-balik: LOMBA BLOG DAN TWITTER DPD RI. « MUSYAWARAH MASYARAKAT KABUPATEN KERINCI

  2. Ping-balik: Selamat Datang ! « CENTRAL BIBIT

  3. Ping-balik: LOMBA BLOG DAN TWITTER DPD RI « THL-TBPP KERINCI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: