Dahsyatnya Kulit Manggis Sembuhkan Berbagai Macam Penyakit


Terbukti secara ilmiah dan empiris tuntaskan berbagai macam penyakit, seperti kanker dan tumor, penyakit jantung, darah tinggi, rematik, bahkan sebagai obat awet muda.

Siapa tak mengenal tanaman manggis? Tanaman asli di Asia Tenggara itu mendapat julukan hebat sebagai ratu buah atau queen of fruits. Julukan itu melekat lantaran di habitat aslinya sang ratu selalu tumbuh berdampingan dengan sang raja buah, yakni durian Durio zibethinus. Sejak berabad silam, manggis sudah dimanfaatkan sebagai buah segar.

Rasa daging buah berupa kombinasi manis dan kecut membuat para pencinta buah jatuh hati. Tak hanya di Asia, kepopuleran manggis menjalar hingga ke Benua Amerika dan Eropa. Namun, banyak yang tidak tahu jika kulit manggis memiliki khasiat. Kulit buah yang selama ini dibuang sebagai sampah sehabis menyantap daging buah, ternyata memiliki segudang manfaat penting bagi kesehatan.

Kenapa kulit buah manggis begitu mujarab mengobati penyakit? Jawabannya terdapat pada keberadaan senyawa xanthone. Senyawa tersebut merupakan antioksidan tingkat tinggi. Nilainya mencapai 17.000—20.000 ORAC per 100 ons (sekitar 2.835 g kulit), lebih besar dari wortel dan jeruk yang kadarnya hanya 300 ORAC dan 2.400 ORAC. ORAC yang merupakan kependekan dari Oxygen Radical Absorbance Capasity adalah kemampuan antioksidan menetralkan radikal bebas.

Keberadaan antioksidan yang kuat dalam tubuh secara tidak langsung sangat membantu mencegah kerusakan sel. Dengan demikian, mekanisme dari berbagai proses metabolisme di dalam tubuh dapat berjalan secara sempurna. Atas dasar itu, disimpulkan bahwa kulit manggis memang sangat berkhasiat mengobati penyakit.

Keberadaan xanthone dengan jumlah melimpah di dalam kulit manggis merupakan informasi yang menggembirakan. Pasalnya, selama ini kulit manggis di Indonesia kerap dibuang. Kelebihan lainnya adalah kandungan xanthone hasil ekstraksi kulit manggis kering tidak dipengaruhi oleh kualitas fisik buah sehingga jumlah senyawa xanthone pada manggis tetap sama.

Kulit manggis juga berkhasiat melawan pembunuh nomor tiga di Indonesia, yaitu kanker. Berdasarkan beberapa penelitian di dalam maupun luar negeri secara in vitro serta bukti empiris, ternyata kulit manggis terbukti ampuh. Ekstrak kulit manggis dapat menghambat perkembangan beberapa jenis sel kanker, antara lain tumor dan kanker payudara, tumor otak, kanker usus besar, paru, hati, hingga leukemia.

About Jakes

Waroeng Web - Spesialis Website (www.waroengweb.co.id) Sejak tahun 2007 WaroengWeb telah memulai menjalankan bisnis pembuatan website. Hingga saat ini kami tetap fokus dalam pengembangan dan menciptakan inovasi baru mengikuti perkembangan teknologi internet.(Site: waroengweb.co.id Mail: support@waroengweb.co.id CP: jakes 0812 7466 4892 dan dores 0813 6620 5760)

Posted on 4 Januari 2012, in Pengolahan Hasil and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: