Pupuk Urea Bersubsidi Warna Merah Jambu


Pupuk urea kini tidak lagi hanya berwarna putih, melainkan ada yang berwarna merah jambu. Pewarnaan  merah jambu pada urea bersubsidi itu  untuk membedakan antara pupuk bersubsidi dengan yang bukan.

“Tujuan pewarnaan pupuk urea bersubsidi menjadi merah jambu adalah untuk mengurangi penyaluran pupuk urea di luar peruntukannya, misalnya untuk non-subsidi atau ekspor illegal,” kata Direktur Pupuk dan Pestisida Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Suprapti kepada Sinar Tani.

Pewarnaan urea bersubsidi yang dimulai tahun 2011 ini dilakukan berdasarkan pertama Keputusan Rapat Kerja Komisi IV DPR-RI dengan Menteri Pertanian tanggal 15 Desember 2010. Kedua, Surat Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Nomor 712/SR.130/B.5/8/2011.

Pelaksanaan pewarnaan pupuk urea bersubsidi ditetapkan dikoordinasikan PT Pusri (Persero) dengan Kementerian Pertanian cq. Direktorat Jenderal Prasarana & Sarana Pertanian. Kesepakatan dua instansi itu, pertama, produsen pupuk segera memproduksi Urea berwarna mulai 1 Oktober 2011. Kedua, warna urea untuk bersubsidi adalah : pink (Merah Jambu). Ketiga, per 1 Januari 2012  diharapkan tidak ada lagi urea putih bersubsidi di lapangan.

Sifat warna pupuk urea bersubsidi telah ditentukan, yakni: pewarna adalah bubuk pigmen dari bahan organik / food edible dye stuff dicampurkan ke dalam larutan anti caking sehingga tidak berhamburan ke lingkungan; Ramah lingkungan; Pelarutan Urea berwarna dalam air tidak menyebabkan air berubah warna secara signifikan; dan tidak menimbulkan gejala toksisitas terhadap tanaman (phytotoxi-city).

Uji laboratorium telah dilaksanakan oleh masing-masing produsen pupuk atas program pewarnaan pupuk urea bersubsidi ini. Hasilnya sesuai dengan harapan.

Sifat pupuk urea adalah butiran pupuknya mudah hancur (mudah larut  dalam air)  dan higroskopis (menyerap air). Fungsi warna hanya untuk pertama, mewarnai pupuk sehingga dapat dibedakan pengalokasiannya. Kedua, melekat pada permukaan pupuk sehingga warna produk lebih  tahan lama. Ketiga, melapisi butiran pupuk sehingga lebih kuat.

About Jakes

Waroeng Web - Spesialis Website (www.waroengweb.co.id) Sejak tahun 2007 WaroengWeb telah memulai menjalankan bisnis pembuatan website. Hingga saat ini kami tetap fokus dalam pengembangan dan menciptakan inovasi baru mengikuti perkembangan teknologi internet.(Site: waroengweb.co.id Mail: support@waroengweb.co.id CP: jakes 0812 7466 4892 dan dores 0813 6620 5760)

Posted on 4 Januari 2012, in PEMUPUKAN and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: