CARA MENGUKUR pH AIR SEDERHANA


Air yang digunakan untuk mencampur nutrisi hidroponik biasanya adalah air Pam atau air Sumur. Tapi setiap air yang digunakan hendaknya selalu diukur tingkat keasamannya (pH). Tingkat kebasaan perlu diperhatikan untuk menjaga keseimbangan jumlah unsur hidrogen yang dibutuhkan tanaman.

 Kalo tinggkat hidrogen terlalu tinggi akan berubah menjadi Basa (alkali). Sementara kalo tingkat hidrogen rendah, akan berubah menjadi asam ( acid).

 Untuk menetralkan tingkat pH yang dikehendaki sesuai dengan kebutuhan tanaman, maka perlu diadakan pengukuran pH.

 Bagi anda yang baru memulai hidroponik dan belum mempunyai alat Pengukur pH, bisa mengunakan alat pengukur sederhana dan murah yaitu dengan kertas lakmus (kertas pH). Dengan memasukan kertas pH kedalam air atau pasir, amatilah dengan hati-hati perubahana warna.

 Warna merah ==== berarti asam kuatWarna hijau ==== berarti basa kuatKalo rana kuning ==== berarti tingkat pH netral 5,5 – 6,5, ini berati asam dan basa berada dalam keadaan seimbang.

Perlu diperhatikan bahwa kandungan air akan asam cenderung akan meningkat akibat penggunaan bahan kimia untuk menjernihkan air atau karena adanya pencemaran

Jadi mengatur pH sangatlah perlu agar tanaman tumbuh sesuai dengan yang kita harapkan.

 Kalo hasil pengukuran tadi menunjukkan air terlalu basa, teteskan cuka kedalamnya,cek kembali. ketika pH telah menunjukan angka yang kita butuhkan, catatlah berapa tetes cuka yang dimasukan tadi. jadi setiap mengisi atau mengganti nutrisi hendaknya pH selalu diukur.Bila air atau media yang digunakan terlalu asam lakukanlah seperti perlakuan diatas dengan meneteskan bicarbonat sampai pH kembali normal 6,5 – 7

 Namun demikian alat Ph tetap dibutuhkan karena keakuratan lebih menjamin..namun bila belum ada anda bisa menggunakan cara seperti diatas.

BACA SELANJUTNYA KLIK DISINI

About Jakes

Waroeng Web - Spesialis Website (www.waroengweb.co.id) Sejak tahun 2007 WaroengWeb telah memulai menjalankan bisnis pembuatan website. Hingga saat ini kami tetap fokus dalam pengembangan dan menciptakan inovasi baru mengikuti perkembangan teknologi internet.(Site: waroengweb.co.id Mail: support@waroengweb.co.id CP: jakes 0812 7466 4892 dan dores 0813 6620 5760)

Posted on 14 Maret 2012, in HIDROPONIK. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. makasih gan infonya ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: