Kudis (Scabies) : penyakit kulit yang dapat menyerang domba/kambing


Kudis (Scabies) : penyakit kulit yang dapat menyerang domba/kambing akibat kebersihan ternak dan lingkungan peternakan kurang terjaga. Penyakit ini bisa menimbulkan kematian apabila tidak ditangani dalam jangka waktu 3 bulan. Penyakit ini bersifat zoonosis, yaitu bisa menular kepada manusia.

Penyakit kudis disebabkan serangan tungau Sarcoptes Scabiei. Penyakit ini bisa menular melalui kontak langsung antara ternak dengan bagian kandang yang kotor dan mengandung kutu. Ternak yang kondisi badannya kotor, tidak pernah dimandikan, akan memperbesar kemungkinan serangan penyakit ini.

Pengobatan dapat dilakukan dengan cara tradisional maupun modern. Obat yang dapat digunakan yaitu : Oxyvil Spray (Meyer) atau Limoxin-25 Spray (Interchemie). Sebelum diobati, bulu di daerah yang terserang sebaiknya dicukur untuk memudahkan pengobatan. Selanjutnya domba dimandikan dan dikeringkan, lalu diobati.

 

 

 

About Jakes

Waroeng Web - Spesialis Website (www.waroengweb.co.id) Sejak tahun 2007 WaroengWeb telah memulai menjalankan bisnis pembuatan website. Hingga saat ini kami tetap fokus dalam pengembangan dan menciptakan inovasi baru mengikuti perkembangan teknologi internet.(Site: waroengweb.co.id Mail: support@waroengweb.co.id CP: jakes 0812 7466 4892 dan dores 0813 6620 5760)

Posted on 3 Agustus 2012, in Hama dan Penyakit, Peternakan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: